Sejarah Media Reklame di Indonesia

Reklame merupakan satu kata yang berasal dari bahasa yunani yang memiliki arti “ulang” dan “teriakan”. Arti keseluruhan dari kata itu adalah teriakan yang berulang ulang. Pembuat reklame menginginkan dapat membuat satu alat atau media yang hanya dibuat sekali tetapi memiliki manfaat untuk digunakan berkali kali. Reklame memiliki manfaat untuk membantu mempromosikan iklan di Indonesia. Berikut ini merupakan sejarah singkat tentang reklame di Indonesia.

Asal Mula Reklame di Indonesia

Asal mula reklame memasuki indonesia dimana pada tahun 1950 an perusahaan di Indonesia menggunakan logogram. Kemudian pada tahun 1970 an beberapa perusahaan multinasional menggunakan media promosi untuk mempromosikan produk mereka. Kemudian ini menjadi terkenal dan berkembang di Indonesia.

Gambar Sejarah Media Reklame di Indonesia

Pengertian Reklame

Reklame merupakan kata yang berasal dari bahas Spanyol. Arti kata RE yaitu merupakan “ kembali “ atau “berulang-ulang”. Kemudian kata CLOMOS yang memiliki arti “berseru”. Sehingga reklame merupakan seruan atau ajakan yang berulang ulang. Hal ini memiliki tujuan untuk menginformasikan, mengajak, atau menawarkan sebuah produk maupun jasa dengan cara yang unik dan menarik. Sehingga konsumen tertarik untuk membeli maupun menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Selain menurut bahasa Spanyol reklame juga didefinisikan oleh para ahli antara lain W.H van Baarle dan F.E Holannder

Macam macam Reklame

Reklame dibagi menjadi beberapa macam. Reklame dibagi dan dikelompokkan menurut tujuan pembangunannya, sifat, tempat pemasangan dan media pemasangannya. Berikut ini merupakan macam macam bentuk reklame :

1. Reklame Menurut Tujuan Pembangunan

a. Reklame Komersial

Reklame komersial biasanya memiliki tujuan untuk kepentingan usaha. Tujuan dari pemasangan reklame komersial ini adalah untuk meningkatkan keuntungan bagi pelaku usaha atau bisnis. Reklame jenis ini biasanya datang dari pelaku usaha dan bisnis baik milik negri maupun swasta.

b. Reklame Non-Komersial

Reklame non-komersial biasanya memiliki tujuan untuk menyampaikan, mengajak masyarakat untuk mengikuti atau melakukan pesan atau kalimat yang disampaikan pada reklame. Reklame jenis ini biasanya datang dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

2. Reklame Menurut Sifat

a. Reklame Peringatan
Reklame peringatan ini biasanya untuk memberikan peringatan kepada msyarakat umum. Jenis reklame ini biasanya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat.

b. Reklame Ajakan
Reklame ajakan ini merupakan jenis reklame himbauan atau ajakan untuk meminta masyarakat mengikutii prosedur yang sudah ditetapkan.

c. Reklame Penerangan
Reklame penerangan merupakan reklame untuk meyampaikan informasi pada masyarakat.

3. Reklame Menurut Pemasangan

a. Reklame INDOOR

Reklame indoor merupakan reklame yang dipasang didalam ruangan. Reklame yang dipasang di dalam ruangan ini biasanya memiliki ruang yang terbatas.

b. Reklame OUTDOOR

Reklame outdoor merupakan reklame yang dipasang diluar ruangan. Reklame yang dipasang di luar ruangan biasanya memiliki bentuk yang lebih bebas karena ruang yang tek terbatas.

4. Reklame menurut Media

a. Reklame Audio : Reklame jenis ini memiliki suara dan tidak terdapat gambar
b. Reklame Visual : Reklame jenis ini lebih menggunakan objek yang dapat dilihat, seperti gampar maupun video hanya saja reklame jenis ini tidak memiliki suara.
c. Reklame Audio-Visual : Reklame audio visual merupakan jenis reklame dari gabungan audio dan visual. Reklame jenis ini dapat menampilkan gambar bergerak dan memiliki suara.

Jenis Reklame

Ada beberapa jenis reklame yang sering kita jumpai dijalan. Tapi tahukah anda apa saja jenis reklame yang ada. Berikut merupakan jenis reklame yang dapat anda ketahui :
1. Billboard
2. Baliho
3. Spanduk
4. Poster
5. Plakat
6. Mobile
7. Neonbox
8. Videotron
9. Megatron

About The Author

Related Posts

Leave a Reply